Bodo Amat Sama Citra

Sebuah Kontemplasi; Sebuah Refleksi

Kadangkala, entitas yang terlalu lebay dalam menjalankan tugas sebagai seorang manusia yang diberikan wewenang untuk ber-amar ma’ruf nahi munkar mudah ditemui di sekitar.

Keinginan untuk menjadi yang terdepan di depan Sang Khalik sukses jadi kedok buat yang semata haus justifikasi makhluk fana. Aneh, tapi nyata adanya.

Niat mula ingin jadi tuntunan, malah keasyikan jadi tontonan. Terlalu menikmati sampai-sampai jadi terlena.

Kadangkala pula, mudah menemui mereka-mereka yang malah congkak dan membusungkan dada, sebab merasa diri yang paling tinggi di sisi Yang Dipertuankan. Dengan sebelah mata melihat pribadi lain, menganggapnya sebagai calon pencecap Api Abadi di kehidupan selanjutnya.

Apakah tulus menyindir demi membuat sang target menyadari khilafnya, ataukah cuma untuk meninggikan diri sendiri? Tanpa melihat refleksi diri, bahwa sesungguhnya korengnya tidak kentara sebab ia pun masih diberikan pakaian oleh Sang Diraja.

Ada pula yang sengaja membumi untuk merasakan enaknya diayun ke langit tinggi oleh yang lain. Pura-pura merendah demi ditinggikan oleh orang lain. Pura-pura jatuh, biar diangkat oleh orang lain.

Ada banyak kriteria manusia yang tampak suci, tetapi lebih memilih sucinya tontonan, bukan sucinya tuntunan. Tinggal memilih, mau yang manakah kita? Atau, kita lebih cenderung menjatuhkan pilihan pada yang kentara biasa-biasa, namun karib pada Semesta?

Barangkali, ini bisa jadi bahan pertimbangan, buat saya, utamanya.

2 respons untuk ‘Bodo Amat Sama Citra

    1. Benar, Mas Heri. Saya pernah baca kutipan Umar bin Khatab r.a., “Tahapan ilmu dalam seorang manusia itu ada tiga. Pertama, ia akan merasa sombong. Kedua, ia akan beralih tawadhu’, dan ketiga, ia akan merasa bukan apa-apa.”

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.